Minggu, 10 Mei 2015

Taklukkan Sociedad, Barca Perkokoh Posisi


Taklukkan Sociedad, Barca Perkokoh Posisi

Barcelona mengokohkan posisinya di puncak klasemen La Liga sekaligus untuk sementara menjauhi Real Madrid. Blaugrana memetik kemenangan 2-0 atas Real Sociedad lewat gol Neymar dan Pedro.

Menjamu Sociedad di Camp Nou, Sabtu (9/5) malam WIB, Barca tampil sangat dominan. Namun solidnya pertahanan Sociedad dan primanya penampilan kiper tim tamu, Geronimo Rulli, membuat skor tetap imbang 0-0 di babak pertama.


Barca baru bisa memecah kebuntuan di menit ke-52 lewat sundulan Neymar. Kemenangan Barca akhirnya dikunci oleh Pedro lewat tendangan saltonya empat menit jelang laga usai.

Dengan kemenangan ini, Barca memimpin klasemen dengan 90 poin dari 36 laga dan untuk sementara unggul lima poin dari Madrid.

Peluang pertama didapat Barcelona di menit kesembilan. Dani Alves mengirim umpan yang diteruskan oleh Lionel Messi dengan sundulan. Tapi bola bisa dihalau oleh Geronimo Rulli dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Tak lama berselang, giliran Luis Suarez yang menebar ancaman. Kembali memanfaatkan crossing dari Alves, Suarez menanduk bola tapi masih melebar dari gawang Sociedad.

Di menit ke-13, upaya Neymar untuk membuka keunggulan Barca juga masih menemui kegagalan. Sepakannya menuntaskan kerja sama satu dua dengan Messi masih bisa dihentikan oleh Rulli dengan kakinya.

Barca yang dominan terus mengurung pertahanan Sociedad. Di menit ke-28, Gerard Pique mendapat dua peluang secara beruntun. Peluang pertamanya bisa dihalau oleh Rulli. Pique kemudian mencoba meneruskan bola dengan tendangan salto tapi masih melebar.

Enam menit kemudian, sundulan Suarez juga masih belum menemui sasaran. Bola tandukannya meneruskan umpan Messi masih melebar dari gawang Sociedad.

Hingga turun minum, tidak ada gol yang tercipta. Skor 0-0 tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Barca langsung mengambil inisiatif menyerang. Baru dua menit laga berjalan, Marc Bartra nyaris menjebol gawang Sociedad. Sundulannya menyambut sepak pojok Xavi mengarah ke pojok kiri gawang Sociedad. Tapi Rulli dengan cepat menghalau bola.

Kebuntuan Barca akhirnya terpecah di menit ke-52. Adalah Neymar yang membuka keunggulan Barca lewat sundulannya. Messi mengirim umpan dari sisi kanan ke dalam kotak penalti dan sempat membentur kepala pemain belakang Sociedad. Bola kemudian mengarah ke Neymar yang berdiri tak terkawal di tiang jauh dan tanpa kesulitan menanduk bola.

Keunggulan Barca akhirnya digandakan Pedro di menit ke-86. Gol ini berawal dari umpan Messi yang awalnya ditujukan untuk Suarez membentur pemain belakang Sociedad. Bola yang melambung tinggi langsung disambar Pedro dengan sebuah tendangan salto.

Semenit jelang laga usai, Barca masih menebar ancaman, kembali lewat serangan balik cepat. Messi melakukan penetrasi hingga area pertahanan Sociedad. Namun penyelesaian akhirnya masih melebar.

Hingga laga usai, skor 2-0 untuk Barca tetap bertahan.